Menu

News & Tips

CARA CEPAT MENGENALKAN PRODUK BARU
  • Berikan Identitas Bagi Bisnis Anda

Membuat logo sepertinya hal pertama yang penting untuk dilakukan, karena itu merupakan sebuah tanda yang dapat digunakan para calon konsumen dalam mengingat usaha atau produk Anda. Setelah logo, bangun identitas lainnya seperti warna, jenis huruf sampai ke gaya bahasa yang sekiranya mewakili usaha yang Anda jalankan.

  • Website Usaha

Setelah Anda mengetahui gaya tampilan yang diinginkan, bangunlah sebuah website yang disajikan berdasarkan identitas bisnis yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Pastikan website usaha Anda mampu membantu para pengunjung dalam mengenal produk yang Anda tawarkan yang selanjutnya dapat diingat oleh mereka.

  • E-mail Signature

Terapkan pemanfaatan kop surat dalam surat- menyurat pada kegiatan komunikasi Anda melalui e-mail. Anda dapat memasang logo dan info lainnya seperti alamat perusahaan pada bagian akhir e-mail. Selain membuat e-mail Anda lebih profesional, hal itu dapat meningkatkan popularitas brand usaha Anda.

  • Ikuti Trend

Ikuti trend yang ada setiap saat tanpa harus membuat brand Anda kehilangan jati dirinya. Improvisasi usaha berdasarkan trend yang berlangsung saat itu akan membantu usaha Anda lebih terasa ramah dan mudah dikenal di mata konsumen.

  • Social Media Branding

Manfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk mempromosikan brand dan usaha Anda. Sebarkan info-info penting dan berguna yang berkaitan dengan produk secara berkjala agar konsumen Anda tidak cepat melupakan produk-produk yang Anda miliki.

  • Gratisan

Tawarkan sejumlah “gratisan” kepada para calon konsumen seperti voucher yang bisa didapatkan setelah menjadi member di website Anda. Hal itu dapat memperbesar kemungkinan mereka untuk mencicipi produk Anda.

  • Masuki Forum Online

Bergabunglah ke dalam forum-forum online yang sekiranya banyak dikunjungi oleh para calon konsumen yang sekiranya masuk ke dalam target pasar Anda.

  • Blog Usaha

Meskipun website usaha Anda sepertinya sudah cukup memberikan informasi bagi para calon konsumen, pastikan juga Anda menyediakan sebuah alamat khusus sebagai pusat informasi yang selalu up-to-date atau kini lebih dikenal dengan blog. Saat ini tampilan blog dirasa lebih memudahkan bagi para pengunjung web untuk menelusuri info- info penting yang berkaitan dengan produk usaha Anda.

6 CARA MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA
  1. Berteman dengan Rekan Kerja

Banyak ahli karier percaya bila berteman dengan sesama rekan kerja adalah cara terbaik untuk tetap termotivasi dalam pekerjaan. Di kantor banyak rekan kerja. Sering makan siang bersama dan bertukar pikiran, akhirnya dapat menjadi teman baik.Dengan saling bertukar pikiran dan cerita dengan rekan kerja sehingga dapat mengetahui latar belakang dan masa depannya. Hal ini juga dapat menjadi inspirasi. Berada di sekitar orang-orang tersebut dapat menjadi motivasi di kantor.

  1. Pemanasan Sebelum Kerja

Jika Anda ingin bekerja penuh energi, lakukan “olah raga” kecil di pagi hari. Anda bisa jogging, yoga, atau sekadar menggerakan badan. Menurut mayo clinic, menggerakkan badan membuat sistem kardiovaskular lebih efisien sehingga meningkatkan energi sepanjang hari.

  1. Menempelkan Daftar Tugas Harian

Hal pertama dilakukan ketika tiba di kantor yaitu menuliskan tugas-tugas yang akan dilakukan. Dengan menulis daftar tugas harian membuat Anda lebih peduli pada pekerjaan, dan memotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

  1. Target Jangka Pendek dan Panjang

Membuat rencana jangka pendek memang penting namun lebih penting membuat rencana jangka panjang supaya Anda termotivasi. Anda akan lebih termotivasi bila pekerjaan Anda dapat mengantarkan untuk rencana jangka panjang. Lalu jangan lupa membuat tujuan tujuan kecil untuk mengukur tingkat keberhasilan.

  1. Rapat Rutin dengan Pengawas

Jika Anda ingin lebih berkembang, maka Anda membutuhkan masukan dari pengawas. Luangkanlah waktu 30 menit untuk rapat pribadi dengan atasan Anda, minta saran dan kritik darinya. Setelah rapat tersebut kemungkinan besar Anda lebih termotivasi. Jadwalkanlah kegiatan tersebut setidaknya dua minggu sekali.

  1. Rayakan keberhasilan

Menurut Simon Reynold penulis Why People Fail, orang sering fokus terhadap hal-hal yang tidak beres. Fokus pada hal negatif dapat mengurangi motivasi. Kita harus beralih pada area positif. Rayakanlah keberhasilan-keberhasilan kecil, yang akan membawa Anda ke arah positif. Merayakan keberhasilan kecil dapat menjaga Anda tetap termotivasi dengan baik.

TIPS AGAR USAHA TETAP BERTAHAN
  1. Punya ciri khas

Jika anda punya usaha yang memiliki cirri khas dan karakteristik dari produk yang di jual maka ini merupakan sebuah  keuntungan tersendiri. Selain itu juga pastikan cirri khas tersebut sesuai dengan target pasar. Semakin cirri khas produk anda terkenal oleh masyarakat atau konsumen, semakin besar pula kesempatan untuk memperoleh kepercayaan masyarakat. Pastikan juga ciri khas tersebut mudah diingat oleh konsumen.

  1. Rencana Pemasaran

Tips agar usaha tetap berjalan adalah mempunyai rencana pemasaran yang matang dan strategis penjualan yang tersusun rapi. Rencana pemasarn yang baik dan ditunjang dengan perangkat yang mendukung,dapat mendongkrak kemampuan untuk menjual. Salah satu cara untuk mendongkrak penjualan yaitu dengan mengikuti berbagai pameran-pameran, dengan mengikuti event-event seperti pameran ini,maka produk anda semakin dikenal oleh masyarakat serta berpeluang untuk mendapatkan buyer atau pembeli dari kalangan atas hinggabawah.

  1. Cintai Konsumen Anda

Berkian yang terbaik kepada konsumen anda. Dengan menjaga loyalitas pembeli,maka pembeli juga akan merasa kehadiran mereka dibutuhkan dan tidak terbaik serta keberadaan mereka dihargai. Contohnya adalah selalu mendengarkan keritik dan masukan dari pembeli. Selain pelayanan, berlaku juga dengan produk atau jasa yang anda jual . Pastikan pembeli merasa puas dengan membeli merasa puas dengan membeli atau menggunakan produk anda.

4.Tampilkan perbedaan dan keunggulan

Jika produk yang anda tawarkan bukan sesuatu yang asing atau baru melainkan banyak juga para pelaku bisnis atau usaha yang bermain di bidang atau  produk yang sama, maka anda harus memberikan nilai lebih kepada konsumen jika mereka membeli produk di tempat anda. Jangan takut menampilkan perbedaan tersebut dan cobalah untuk menampilkan keunggulan produk anda,gunakan kreatif anda.